LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI MGMP IPA TAHUN 2022

 


LAPORAN KEGIATAN KOLEKTIF 

 

KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU / MUSYAWAROH GURU MATA PELAJARAN IPA MTs KABUPATEN KEDIRI

TAHUN 2022

 

 

 

 

 

Disusun oleh:

ISTIQOMAH, S.Pd.

     NIP . 197508102006042010

 

 

 

 

KEMENTERIAN AGAMA

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1KEDIRI

JL. STADION CANDA BHIRAWA NO 1 PARE

Kotak POS 114 Pare, TELP. 0354 – 39391351

E-mail:mtsnpare@yahoo.co.id

NSM: 121135060006      NPSN: 20512216

 


IDENTITAS GURU

 

 

1.

Nama Sekolah

:

MTsN 1 Kediri

2.

Nama Guru

:

ISTIQOMAH, S.Pd.

3.

NIP

:

197508102006042010

4.

Jabatan/Golongan Guru

:

Guru Madya/ Penata Tk.1 / III-d

5.

Alamat Sekolah

  • Jalan
  • Kabupaten
  • Provinsi

 

:

:

:

 

 

Stadion Canda Bhirawa No.1 Kec.Pare

Kediri

Jawa Timur

6.

Mengajar Mata Pelajaran

:

IPA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGESAHAN KEGIATAN KOLEKTIF

KEGIATAN MUSYAWAROH GURU MATA PELAJARAN  IPA

MTs KABUPATEN KEDIRI

TAHUN 2022

 

 

 

oleh:

ISTIQOMAH, S.Pd.

     NIP . 197508102006042010

 

 

 

Disyahkan

oleh:

 

 

 

 

 

 

Kepala MTs Negeri 1 Kediri

 

 

 

 

 

 

 

MUHAMMAD ZAINUDIN, S.Pd., M.Pd.I.

NIP. 197005181997031003

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah, Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan laporan Kegiatan Musawarah Guru Mata Pelajaran IPA MTs Kabupaten Kediri Tahun 2022 tepat waktu.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada:

1.      Bapak/Ibu Guru beserta seluruh karyawan yang telah berkenan memberikan bantuannya dalam penyelesaian laporan ini.

2.      Semua pihak baik langsung maupun tidak langsung yang ikut membantu penulis dalam menyelesaikan penulisan laporan ini.

 

Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan bagi penulis pada khususnya. Amin.

 

Kediri, 31 Desember 2022

 

Penulis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

HALAMAN SAMPUL ..........................................................................................

HALAMAN IDENTITAS GURU ……………………………………………...

LEMBAR PENGESAHAN ...................................................................................

KATA PENGANTAR ...........................................................................................

DAFTAR ISI .........................................................................................................

BAB I 

A.    Pendahuluan ...............................................................................................

B.     Nama Kegiatan ..........................................................................................

C.     Waktu Pelaksanaan Kegiatan  ....................................................................

D.    Tempat Pelaksanaan Kegiatan ...................................................................

E.     Penyelenggara Kegiatan ............................................................................

F.      Surat Tugas ………………………………………………………………

G.    Foto kopi Sertifikat ………………………………………………………

BAB II 

A.    Tujuan dan Alasan Mengikuti Kegiatan kolektif MGMP  ........................

B.     Deskripsi Materi ........................................................................................

C.     Tindak Lanjut ............................................................................................

D.    Dampak terhadap Peningkatan Kopetensi Guru ........................................

E.     Penutup  .....................................................................................................

BAB III 

1.      Matrik Pengembangan Diri dalam Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri............................................

2.      Lampiran-Lampiran ...................................................................................

a)    Jadwal Pertemuan Kegiatan MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri

b)   Undangan Kegiatan  MGMP IPA MTs Kab. Kediri

c)    Notulen Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri

d)   Daftar Hadir Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri

e)    Foto - Foto Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri

i

ii

iii

iv

v

 

 

 


BAB I

BAGIAN AWAL

 

A.      Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “ Pengembangan Diri dalam Kegiatan Kolektif  Kelompok Kerja Guru  (MGMP) IPA MTs  Kabupaten  Kediri. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran yang dilaksakan secara rutin diadakan 6 x Pertemuan dalam waktu 1 tahun.

 

B.       Waktu dan Lama Kegiatan   

Kegiatan kolektif kelompok kerja guru / MGMP IPA MTs Kab.Kediri ini dilaksanakan 6 x pertemuan dalam kurun waktu 1 tahun  dengan rincian sebagai berikut:

1.    Pertemuan I : Sabtu, tanggal 15 Januari  2022 , pukul 08.00 – 13.00 WIB.

2.    Pertemuan II  : Sabtu, tanggal 5 Februari 2022, pukul 08.00 – 13.00 WIB.

3.    Pertemuan III : Sabtu, tanggal 5 Maret 2022, pukul 08.00 – 13.00 WIB

4.    Pertemuan IV : Sabtu, tanggal  6 Agustus 2022, pukul 08.00 – 13.00 WIB

5.    Pertemuan V : Sabtu, tanggal  3 September 2022, pukul 08.00 – 13.00 WIB

6.    Pertemuan VI : Sabtu, tanggal 1 Oktober 2022, pukul 08.00 – 13.00 WIB

 

C.      Tempat Kegiatan

      Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri ini dilaksanakan di 6 tempat sebagai berikut :

a)         Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 kediri ( MTs N 1 kediri )

b)        Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 kediri ( MTs N 5 Kediri )

c)         Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 kediri ( MTs N 3 Kediri )

d)        Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 kediri ( MTs N 2 Kediri )

e)         Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 kediri ( MTs N 4 Kediri )

f)         Madrasah Tsanawiyah Negeri  kediri ( MTs N 8 Kediri )

 

 

 

 

D.      Penyelenggara  Kegiatan

Kegiatan pengembangan diri “Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri ini diselenggarakan oleh Organisasi Keprofesian MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri.

 

E.       Surat Tugas Kepala MTs  ( Terlampir )

F.       Sertifikat Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja Guru / MGMP  IPA Mts Kab. Kediri ( Terlampir)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran Surat Tugas  ( Januari – Desember )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Sertifikat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB II

BAGIAN ISI

 

 

A.      Tujuan dan Alasan Megikuti Kegiatan  Kolektif  Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri

Berdasarkan paparan diatas, Kegiatan  Kolektif  Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri penulis  ikuti dengan tujuan :

1.         Mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik

2.         Meningkatkan kompetensi Pedagogig, pengetahuan, keahlian, ketrampilan dalam proses pembelajaran dan sikap mental Guru untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standart kompetensi sebagai seorang guru yang profesional.

3.         Wadah belajar menjadi pemateri / narasumber /  berbagi dan sharing ilmu pengetahuan baru ( uptodate )

4.         Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat atau jabatan setingkat lebih tinggi.

 

B.       Uraian Materi

1)      Integrasi Al-Qur’an Dan Sains Pada Proses Penciptaan Dan Reproduksi Manusia

2)      Pengembangan dan Penyusunan Perangkat dan Bahan Ajar

3)      Kaidah Penulisan soal

4)      Penulisan Karya Ilmiah Remaja

5)      Menyunting Kajian Teori dan daftar Pustaka dari jurnal

6)      Penyusunan Proposal KIR

7)      Implementasi Kurikulum Merdeka dan penyusunan Modul Ajar (RPP)

8)      Karya Tulis Best Practice

9)      Sosialisasi AKMI dan tindak Lanjut Hasil AKMI

10)  Kaidah Penulisan Soal AKMI

Semua uraian materi terdapat dalam notulen (terlampir)

 

C.      Tindak Lanjut

 

                        Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan kolektif  Kegiatan kelompok kerja guru / musyawaroh guru mata pelajaran IPA MTs Kabupaten Kediri ini adalah peserta mampu mengaplikasikan hasil kegiatan kepada peserta didik untuk pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

 

D.      Dampak terhadap Peningkatan Kopetensi Guru

Dampak yang dapat penulis peroleh dari setelah kegiatan kolektif  Kegiatan kelompok kerja guru / musyawaroh guru mata pelajaran IPA MTs Kabupaten Kediri ini antara lain :

a.    Penulis dapat meningkatkan kompetensi dalam pengetahuan dalam penulisan soal, dan penyusunanproposal karya ilmiah remaja.

b.    Penulis mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menyunting kajian teori dan daftar Pustaka dalam pembimbingan kegiaran KIR siswa dan siswi madrasah.

c.    Penulis dapat Menyusun modul ajar dalam implementasi kurikulum merdeka

d.    Penulis mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menulis karya tulis best practice yang baik dan benar

e.    Penulis dapat mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman

 

E.       Penutup

1.    Kesimpulan

 Dengan adanya “ Pengembangan Diri Kegiatan Kolektif Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri“  Penulis dapat menambah pengetahuan untuk dikembangkan demi adanya peningkatan kualitas pendidik sebagai agen perubahan.

 

2.    Saran

   Diharapkan para peserta (para guru) menjadikan  “ Pengembangan Diri dalam Kegiatan Kolektif  Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri ini  sebagai wadah silaturrahim dan wadah berbagi atau sharing pengetahuan sebagai salah satu bekal bagi guru untuk lebih mahir atau terampil dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.


BAB IV

BAGIAN AKHIR

 

Matrik Pengembangan Diri dalam Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri

JENIS KEGIATAN

TEMPAT KEGIATAN

 

URAIAN MATERI KEGIATAN MGMP IPA

PENYELENGGARA 

DAMPAK

Kegiatan Rutin MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri yang dilakukan 6 x pertemuan dalam satu tahun

a)  MTs N 1 kediri

b) MTs N 5 Kediri

c)  MTs N 3 Kediri

d) MTs N 2 Kediri

e)  MTs N 4 Kediri

f) MTs N 8 Kediri

 

1.    Integrasi Al-Qur’an Dan Sains Pada Proses Penciptaan Dan Reproduksi Manusia

2.    Pengembangan dan Penyusunan Perangkat dan Bahan Ajar

3.    Kaidah Penulisan soal

4.    Penulisan Karya Ilmiah Remaja

5.    Menyunting Kajian Teori dan daftar Pustaka dari jurnal

6.    Penyusunan Proposal KIR

7.    Implementasi Kurikulum Merdeka dan penyusunan Modul Ajar (RPP)

8.    Karya Tulis Best Practice

9.    Sosialisasi AKMI dan tindak Lanjut Hasil AKMI

10. Kaidah Penulisan Soal AKMI

MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri

a.      Penulis dapat meningkatkan kompetensi dalam pengetahuan dalam penulisan soal, dan penyusunanproposal karya ilmiah remaja.

b.      Penulis mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menyunting kajian teori dan daftar Pustaka dalam pembimbingan kegiaran KIR siswa dan siswi madrasah.

c.      Penulis dapat Menyusun modul ajar dalam implementasi kurikulum merdeka

d.      Penulis mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menulis karya tulis best practice yang baik dan benar

e.      Penulis dapat mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman


LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.      Jadwal Kegiatan MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri Tahun 2022

2.      Hasil Kegiatan  ke-1 (Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/Daftar peserta dan Dokumentasi Kegiatan )

3.      Hasil Kegiatan ke-2  ( Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/Daftar peserta dan Dokumentasi  Kegiatan )

4.      Hasil Kegiatan ke-3  ( Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/ daftar peserta dan Dokumentasi Kegiatan)

5.      Hasil Kegiatan ke-4  ( Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/ daftar peserta dan Dokumentasi Kegiatan

6.      Hasil Kegiatan ke-5 ( Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/ daftar peserta dan Dokumentasi Kegiatan

7.      Hasil Kegiatan ke-36 ( Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/ daftar peserta dan Dokumentasi Kegiatan )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadwal Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri

Tahun 2022

 

Semester

Hari

Tanggal Kegiatan

Pembawa Acara

Pemateri

Tempat Kegiatan

Genap

Sabtu

15 Januari 2022

MTsN 2 Kediri

MTsN 5 Kediri

MTsN 1 Kediri

5 Februari 2022

MTsN 8 Kediri

MTsN 1 Kediri

MTsN 5 Kediri

5 Maret 2022

MTsN 3 Kediri

MTsN 4 Kediri

MTsN 3 Kediri

Gasal

Sabtu

6 Agustus 2022

MTsN 6 Kediri

MTsN 9 Kediri

MTsN 2 Kediri

3 September 2022

MTsN 1 Kediri

MTsN 8 Kediri

MTsN 4 Kediri

1 Oktober 2022

MTsN 4 Kediri

MTsN 7 Kediri

MTsN 8 Kediri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NOTULEN

MGMP IPA MTs KABUPATEN KEDIRI 

TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Tanggal , 15 Januari  2022

 

No

Uraian Kegiatan

Pengisi Kegiatan

1

Pembukaan dan Pembacaan Susunan Acara MGMP IPA Kab. Kediri

Pembawa acara

Irma Astuti

2

Sambutan oleh Ketua MGMP IPA MTs Kab. Kediri

 Muawanah, S.Pd.

3

 Pelaporan Keuangan oleh Bendahara MGMP IPA MTs Kab. Kediri

 Anny Djaoharoh, S.Pd

4

Pengisian Materi MGMP IPA Kab.Kediri

Dengan Topik “ Integrasi al-Qur’an dan Sains pada Proses Penciptaan dan Reproduksi Manusia“

 

Indah Muftihatur Rahmah , S.Si.

5

Rencana Kegiatan Kedepan Hasil Musyawarah :

·      Pertemuan MGMP ke-2 dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 5 Februari 2022

·      Tempat pertemuan ke-2 dilaksanakan di:

MTsN 5 kediri

·      Pengisian Pertemuan Ke-2 :

1)      Pembawa acara dari MTsN 8 Kediri

2)      Pemateri dari MTsN 1 kediri

Seketaris MGMP

6

Penutup / Doa

Misbachul Munir, S.Si.

         

Kediri , 15  Januari 2022

     Ketua MGMP IPA MTs Kediri                 Seketaris MGMP IPA MTs Kediri

 

 

             MUAWANAH, S.Pd                         ISTIQOMAH, S.Pd.

            NIP. 198204152009012007                     NIP.197508102006042010

 

 

 

 

URAIAN MATERI

INTEGRASI AL-QUR’AN DAN SAINS PADA PROSES PENCIPTAAN DAN REPRODUKSI MANUSIA























Lampiran Foto Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri

 

Kegiatan ke-1


Pembukaan oleh MC


Sambutan Ketua MGMP IPA MTs Kab.Kediri


Peserta menyimak materi yang disampaikan oleh Pemateri


 

Kegiatan tanya jawab peserta dengan pemateri


  

No

Uraian Kegiatan

Pengisi Kegiatan

1

Pembukaan dan Pembacaan Susunan Acara MGMP IPA Kab. Kediri

Pembawa acara

Yaraful Maspiah, S.Pd.

2

1)   Sambutan  yang di kutip dari Ketua K3M :

·      Kegiatan MGMP seharusnya diikuti oleh semua guru PNS dan Guru yg sudah sertifikasi

·      Sesuai aturan tidak boleh ada dobel coonting

·      Di K3M ada beberapa kegiatan yang harus di sinkronkan dengan kegiatan MGMP, meliputi :

Koordinasi, Road show ceris, KSM, Penilaian dok.KTSP, dan Workshop SKP & PK guru

2)   Sambutan  yang di kutip dari Kasi Pendma :

·      Guru harus memiliki perencanaan yg matang

·      Sosok pendidik adalah bak seorang ibu yang  kasih sayangnya tak pernah menuntut balasan

·      Guru PNS dan Guru bersertifikasi memiliki kewajiban dalam PKB

·      Kegiatan Study Banding yang dilakukan oleh MGMP boleh dilakukan maksimal 1x tiap semester atau 2x dalam 1 tahun.

 Ketua MGMP IPA MTs

3

Pengisian Materi MGMP IPA Kab.Kediri

Dengan Topik “ Penulisan Karya Ilmiah “

 

Muawanah, S.Pd.

4

 Pelaporan Keuangan  oleh Bendahara MGMP

 Anny Djaoharoh, S.Pd

5

Rencana Kegiatan Kedepan Hasil Musyawarah :

·      Pembuatan Blog MGMP IPA MTs Kab.Kediri

·      Pengadaan seragam MGMP

·      Pembuatan handsanitaizer sebagai produk MGMP untuk pengembangan wirausaha

Seketaris MGMP

6

Penutup / Doa

Trio Irfan Nanang  Saputra, S.Pd.






















NOTULEN

MGMP IPA MTs KABUPATEN KEDIRI 

Tanggal, 5 Februari 2022

         

      Kediri , 5 Februari 2022

  Ketua MGMP IPA MTs Kediri                          Seketaris MGMP IPA MTs Kediri

 

 

       MUAWANAH, S.Pd                                      ISTIQOMAH, S.Pd.

            NIP. 198204152009012007                            NIP.19750810200604201

Uraian Materi Penulisan Karya Ilmiah

Pertemuan Ke-2, Sabtu, 5 Februari 2022















Lampiran Foto Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri

 

Kegiatan ke-2




Pembukaan oleh MC

 



Sambutan Ketua MGMP IPA MTs Kab.Kediri



Peserta menyimak materi yang disampaikan oleh Pemateri






Kegiatan tanya jawab peserta dengan pemateri




Kegiatan penutup / Doa




NOTULEN

MGMP IPA MTs KABUPATEN KEDIRI 

Tanggal, 5 Maret 2022

 

No

Uraian Kegiatan

Pengisi Kegiatan

1

Pembukaan dan Pembacaan Susunan Acara MGMP IPA Kab. Kediri

Pembawa acara

Elzza Armellariea, S.Si.,S.Pd.

2

Sambutan oleh Kepala MTsN 3 Kediri

1)   Kegiatan MGMP adalah wadah untuk menggali dan memadukan ilmu pengetahuan

2)   Pergunakan Forum MGMP ini sebaik mungkin sehingga dapat meningkatkan kualitas dalam berkarya .

3)   Apa yang diperoleh dari forum ini supaya dapat di bawa dan diaplikasikan di madrasah masing-masing

4)   Semoga kegiatan MGMP ini benar-benar membawa manfaat

5)   Manfaatkan dan pergunakan waktu dengan tepat

Siti Aliyah, S.Pd.,M.Pd.I

3

Sambutan oleh Ketua MGMP IPA MTs Kab.Kediri

1)   Forum MGMP IPA MTs Kab. Kediri digunakan sebagai wadah sharing materi terkait dengan pembelajaran IPA seperti pendalaman materi IPA, media pembelajaran IPA.

2)   Kegiatan pertemuan ketiga di MTsN 3 Kediri digunakan untuk sharing tentang materi Best Practice dan Kisi-Kisi dan Penyusunan Soal Ujian Madrasah Tahun 2021/2022.

3)   Kegiatan MGMP IPA dilaksanakan dengan saling berbagi pengalaman mengajar maupun membina ekstra kurikuler serta pengalaman membina Kompetisi.

4)   Harapan ke depan melalui MGMP IPA dapat meningkatkan kompetensi profesioanl guru dan  meningkatkan kualitas pembelajaraan IPA di madrasah masing-masing yang juga berdampak pada peningkatan prestasi siswa dan kemajuan madrasah.

 Muawanah, S.Pd.

4

 Pelaporan Keuangan oleh Bendahara MGMP IPA MTs Kab. Kediri

 Anny Djaoharoh, S.Pd

5

Pengisian Materi MGMP IPA Kab.Kediri

Dengan Topik :

1)   Teknik Menulis Best Practice bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan 

2)   Penyampaian penulis soal AKMI

3)   Penyusunan Kisi-Kisi dan Soal UM

Dina Agustiyaningsih, S.Pd.

Heni hidajatiningtyas, M.Si.

Pengurus MGMP IPA MTs

6

Rencana Kegiatan Kedepan Hasil Musyawarah :

1)     Mengundang  Nara Sumber tentang pembinaan KIR di madrasah

2)     Pertemuan rutin dilaksanakan tepat  waktu sesuai jadwal

Seketaris MGMP IPA Kab. Kediri ( Istiqomah, S.Pd.)

7

Penutup / Doa

Dzikrul Khakim, S.Si.

         

Kediri , 5  Maret  2022

     Ketua MGMP IPA MTs Kediri                 Seketaris MGMP IPA MTs Kediri

 

             MUAWANAH, S.Pd                         ISTIQOMAH, S.Pd.

            NIP. 198204152009012007                     NIP.197508102006042010

 

 

URAIAN MATERI

Teknik Menulis Best Practice bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan










































DAFTAR HADIR PESERTA MGMP IPA MTs KAB. KEDIRI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



NOTULEN

MGMP IPA MTs KABUPATEN KEDIRI 

TAHUN PELAJARAN 2022-2023

 

No

Uraian Kegiatan

Pengisi Kegiatan

1

Pembukaan dan Pembacaan Susunan Acara MGMP IPA Kab. Kediri

Pembawa acara

Rasinah, S.Pd.

2

Sambutan  :

a)    Harapan  kedepan, forum ini di jadikan sebagai forum berbagi ilmu.

b)    Bagi bapak ibu yang telah mendapatkan  materi kurmer hendaknya saling  melengkapi.

 Ketua 

3

Evaluasi  dan usulan :

1)      Study banding supaya direalisasikan

2)      Materi dari bapak Nanang belum bisa di share menunggu di edit  (Perbaikan )

3)      Mendatangkan Narasumber untuk penulisan Best Practise

4)      Kita praktek membuat perangkat Kurmer ( Modul ajar )

5)      Evaluasi bahwa dalam 1 wadah ini masih hanya sekedar teori, harapan kita saling berbagi ilmu baik pengetahuan

Maksudnya

a)       Harapan kita berbagi

b)      Yang punya ilmu supaya berbagilah di share lalu di kupas tuntas di forum.

6)      Perlu adanya narasumber untuk penyusunan modul ajar Kurmer.

 Semua Anggota

4

 Pelaporan Keuangan  oleh Bendahara MGMP

 Bendahara

5

Penyusunan  Program:

1)        Study banding dilaksanakan  di UIN Malang

Tujuannya  Lab.Biologi , lab.Fisika dan Lab. Kimia.

Ø Untu Biologi :materi respirasi tumbuhan dan hewan .

Ø Untuk fisika materinya gerak (GLB-GLBB) dan Optik, kelistrikan dan kemagnetan.

Ø Untuk materi kimia pemisahan campuran

Waktu pelaksanaan :  Sabtu, 3 September 2022 atau dihari sabtu berikutnya

2)        Pertemuan berikutnya: hari sabtu , 1 Oktober 2022 mendatangkan narasumber tentang Myres dan Best Practise

Pengurus bersama Anggota

6

Penutup / Doa

Misbahul Munir

              

 

       Kediri , 6 Agustus  2022

  Ketua MGMP IPA MTs Kediri                          Seketaris MGMP IPA MTs Kediri

 

 

 

             MUAWANAH, S.Pd                                ISTIQOMAH, S.Pd.

            NIP. 198204152009012007                            NIP.19750810200604201



DOKUMENTASI KEGIATAN

Sabtu, 6 Agustus 2022























NOTULEN

MGMP IPA MTs KABUPATEN KEDIRI 

 

 

No

Uraian Kegiatan

Pengisi Kegiatan

1

Pembukaan dan Pembacaan Susunan Acara MGMP IPA Kab. Kediri

Pembawa acara

2

Sambutan

Harapannya bahwa MGMP ini supaya dapat dijadikan sebagai wadah untuk terus mengembangkan diri dan berkarya serta jadikan MGMP ini sarana dalam menggali dan meng-Update ilmu pengetahuan

Kepala MTsN 4 Kediri

3

Sambutan  :

a)    Bahwa Kegiatan ini (  untuk menghadirkan Narasumber ) sudah direncanakan demi meningkatkan kompetensi anggota MGMP IPA dalam menyusun Best Practice

b)   Dengan hadirnya Narasumber di tengah-tengah kita, harapannya kita mendapatkan ilmu tentang menyusun Best Practice , dan juga dapat menerapkannya sesuai dengan pengalaman di tempat kerja masing-masing .

 Ketua  MGMP IPA

4

Penyampaian Materi Menyusun Karya Tulis Best Practice

1)   Perkenalan, Tukar pengalaman

2)   Penyampaian Materi ( Terlampir)

Narasumber

Nanang setiawan, S.Pd

5

 Pelaporan Keuangan  oleh Bendahara MGMP

 Bendahara

6

Penutup / Doa

Dzikrul Khakim, S.Si.

                                                                                              Kediri , 10 September  2022

  Ketua MGMP IPA MTs Kediri                          Seketaris MGMP IPA MTs Kediri

 

 

 

       MUAWANAH, S.Pd                                      ISTIQOMAH, S.Pd.

            NIP. 198204152009012007                            NIP.19750810200604201

 



DOKUMENTASI KEGIATAN

Sabtu, 10 September  2022















Lampirn Materi: Menulis Karya Tulis Best Practice

Oleh : Bapak Nanang Setiawan, S.Pd.

1)      Kata Mutiara

Pengalaman Adalah Guru terbaik, Maka Carilah Pengalaman Terbaik Untuk Mewujudkan Mimpi Mu

2)      Mengapa Harus Menulis Best Practice

Ada 3 alasan mengapa seorang guru harus menulis best practice , yaitu :

Ø Tuntutan Profesi seorang guru dalam mengemban tugas dan karirnya

Ø Menulis best practice Lebih Mudah dibandingkan karya ilmiah lainnya, karena best practice didasarkan pada pengalaman selama melaksanakan tugas yang diberikan

Ø Bahwasanya pengalaman yang kita tulis harapannya akan dapat Memberi Inspirasi bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya

3)      Pengertian Best Practice

Salah satu bentuk dari publikasi ilmiah yang dilakukan oleh seorang guru berdasarkan pengalaman keberhasilan terbaiknya  seseorang / kelompok dalam melaksanakan tugas profesinya termasuk dalam mengatasi berbagai masasalah dalam lingkungan tertentu.

Dengan kata lain Best Practice bukanlah sebuah penelitian namun hasil pengalaman terbaik yang dialami oleh seorang guru.

4)      Teknik Menulis Pengalaman ( Best Practice )

a-      Pilah dan pilih pengalaman apa yang akan ditulis

b-       Menyusun Urutan Peristiwa dalan Bentuk Kerangka Karangan

c-      Menentukan judul dari Kerangka yang ada 

d-      Mengembangkan Kerangka Menjadi Alinea-alinea

e-      Uarikan secara rinci dan runtut  hal-hal yang sifatnya penting

5)      Sistematiak Penulisan Best Practice

a-      Bagian awal

Ø  Halaman Judul

Ø  Lembar Pengesahan

Ø  Biografi Penulis

Ø  Kata Pengantar

Ø  Daftar Isi

Ø  Daftar tabel / Daftar Gambar

Ø  Daftar lampiran

 

 

b-     Bagian Isi

Versi 1

Versi 2

Versi 3

Bab I. Pendahuluan

·      Latar belakang

·      Jenis kegiatan

·      Manfaat

Bab I. Pendahuluan

·      Latar belakang

·      Jenis kegiatan

·      Manfaat

Bab I. Pendahuluan

·      Latar belakang

·      Rumusan masalah

·      Tujuan kegiatan

·      Manfaat

BAB II Tinjauan Pustaka

·      Teori a

·      Teori b dst

BAB II Pelaksanaan Kegiatan

·      Sasaran

·      Bahan dan materi kgit

·      Metode pelaksanaan

·      Instrument pelaksnaan

·      Waktu dan tempat

BAB II Pelaksanaan Kegiatan

·      Sasaran

·      Bahan dan materi kgit

·      Metode pelaksanaan

·      Instrument pelaksnaan

·      Waktu dan tempat

BAB III Pelaksanaan Kegiatan

·      Sasaran

·      Bahan dan materi kgit

·      Metode pelaksanaan

·      Instrumnt pelaksnaan

·      Waktu dan tempat

BAB III Hasil Kegiatan

·      Hasil

·      Masalah yg dihadapi

·      Cara mengatasi

BAB III Hasil Kegiatan

·      Hasil

·      Masalah yg dihadapi

·      Cara mengatasi

BAB IV Hasil Kegiatan

·      Hasil

·      Masalah yg dihadapi

·      Cara mengatasi

BAB IV Penutup

·        Kesimpulan

·        Saran

BAB IV Penutup

·        Kesimpulan

·        Saran

BAB IV Penutup

·        Kesimpulan

·        Saran

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka

Daftar pustaka

 

 

 

c-      Bagian Penunjang

LAMPIRAN-LAMPIRAN

-          Foto Kegiatan                                    -Instrumen evalusi

-          RPP                                                    - Bukti-bukti lain

 

6)      Perbedaan PTK dengan Best Practice

 

7)      Tips Menulis Best Practice

a)      Pahami Sistematika Penulisan Best Practice

b)      Rencanakan Ide dan Konsep

c)      Buat Kerangka Tulisan

d)      Siapkan Bukti Penunjang

e)      Tentukan Dead Line

f)       Mulailah dari sekarang

 

 

NOTULEN

MGMP IPA MTs KABUPATEN KEDIRI TAHUN

 

No

Uraian Kegiatan

Pengisi Kegiatan

1

Pembukaan dan PemSusunan Acara MGMP IPA Kab.Kediri

Pembawa acara

2

Sambutan

1) Memberikan motivasi kepada semua anggota MGMP untuk lebih aktif dalam kegiatan pengembangan diri seperti menjadi instruktur, fasilitator, mengikuti lomba guru berprestasi dan

kegiatan-kegiatan yang lain.

Kepala MTsN 7 Kediri

3

Sambutan :

1)   Ucapan selamat Kepala MTsN 7 Kediri yang sebelumnya adalah guru IPA MTsN 6 Kediri sekaligus peraih juara 1 Anugerah Guru Berprestasi Tahun 2021 dan harapannya agar bisa dapat mengisnpirasi anggota MGMP untuk meraih prestasi dan terus berkarya.

2)   Harapan bagi semua anggota MGMP IPA agar tetap semangat untuk saling berbagi dan menjadikan forum MGMP IPA sebagai wadah untuk terus mengembangkan diri, meningkatkan komptensi.

Ketua MGMP IPA

4

Penyampaian Materi AKMI

1) Penyampaian Materi ( Terlampir)

Narasumber

Daniel Prayitno, S.Pd

5.

Diskusi dan Tanya Jawab

1)      Sharing pengalaman madrasah piloting project AKMI MTs

2)      Tindak Lanjut AKMI

 

5

Perencanaan program MGMP

Pengurus MGMP

6

Penutup / Doa

 

Kediri , 5 Oktober 2022

Ketua MGMP IPA MTs Kediri                           Seketaris MGMP IPA MTs Kediri

 

 

 

MUAWANAH, S.Pd                                       ISTIQOMAH, S.Pd.

NIP. 198204152009012007                            NIP.19750810200604201


 

DOKUMENTASI KEGIATAN

Sabtu, 15 Oktober 2022










Lampiran Materi: ANBK DAN AKMI Oleh : Bapak Daniel Prayitno, S.Si.

1)      Pelaksanaan ANBK DAN AKMI

a.       ANBK dilaksanakan pada semua jenjang dan diwakili oleh 45 siswa dari setiap sekolah. Peserta didik mengerjakan asesmen literasi membaca, lieterasi numerasi, survei karakter serta survei lingkungan belajar.

b.      AKMI sudah dilaksanakan pada jenjang MI, sementara pada tahun ini pada jenjang MTs dan MA hanya dilaksanakan pada madrasah yang ditunjuk sebagai piloting project. Peserta didik mengerjakan asesmen literasi numerasi, liteasi sains, literasi sosial budaya.

2)      Tujuan dan Fungsi AKMI

AKMI bertujuan untuk pemetaan mutu Pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didika madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

AKMI berfungsi sebagai:

a.       Bahan pemetaan mutu Pendidikan madrasah

b.      Bahan referensi akademik dalam mendignosa dan tindak lanjut perbaikan proses pembelajaran.

c.       Sebagai bahan dalam Menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah.

3)      Sasaran AKMI

Yang menjadi sasaran AKMI adalah siswa kelas 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah), siswa kelas 8 MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan siswa kelas 11 MA (Madrasah Aliyah) / MAK (Madrasah Aliyah Kejuruan).

4)      Bentuk Soal dan Komponen AKMI

a.       Bentuk soal AKMI terdiri dari bentuk soal objektif meliputi

1)      Pilihan Ganda,

2)      Pilihan Ganda Kompleks,

3)      Menjodohkan,, dan

4)      Isian Singkat).


5)     
Komponen AKMI terdiri atas konten, proses kognitif,dan konteks denga rincian sebagai berikut.

 


5)      Jadwal AKMI

 



























































































 

Komentar