LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI MGMP IPA TAHUN 2022
LAPORAN KEGIATAN KOLEKTIF
KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU / MUSYAWAROH
GURU MATA PELAJARAN IPA MTs KABUPATEN KEDIRI
TAHUN 2022
Disusun
oleh:
ISTIQOMAH, S.Pd.
NIP . 197508102006042010
KEMENTERIAN
AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1KEDIRI
JL. STADION CANDA BHIRAWA NO 1 PARE
Kotak POS 114 Pare, TELP. 0354 – 39391351
E-mail:mtsnpare@yahoo.co.id
NSM: 121135060006 NPSN: 20512216
IDENTITAS GURU
1. |
Nama Sekolah |
: |
MTsN 1 Kediri |
2. |
Nama Guru |
: |
ISTIQOMAH, S.Pd. |
3. |
NIP |
: |
197508102006042010 |
4. |
Jabatan/Golongan
Guru |
: |
Guru Madya/ Penata
Tk.1 / III-d |
5. |
Alamat Sekolah
|
: : :
|
Stadion Canda Bhirawa No.1 Kec.Pare Kediri Jawa Timur |
6. |
Mengajar Mata
Pelajaran |
: |
IPA |
PENGESAHAN KEGIATAN KOLEKTIF
KEGIATAN MUSYAWAROH GURU MATA
PELAJARAN IPA
MTs KABUPATEN KEDIRI
TAHUN 2022
oleh:
ISTIQOMAH, S.Pd.
NIP . 197508102006042010
Disyahkan
oleh:
Kepala MTs Negeri 1 Kediri
MUHAMMAD
ZAINUDIN, S.Pd., M.Pd.I.
NIP. 197005181997031003
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, Puji
syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha
Esa yang telah memberikan Rahmat-Nya sehingga
penulis dapat menyusun dan menyelesaikan laporan Kegiatan Musawarah Guru Mata
Pelajaran IPA MTs Kabupaten Kediri Tahun 2022 tepat waktu.
Pada kesempatan ini
penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada:
1. Bapak/Ibu Guru beserta seluruh karyawan yang telah berkenan memberikan
bantuannya dalam penyelesaian laporan ini.
2. Semua pihak baik langsung maupun tidak langsung yang ikut membantu
penulis dalam menyelesaikan penulisan laporan ini.
Akhirnya penulis
berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan bagi
penulis pada khususnya. Amin.
Kediri, 31 Desember 2022
Penulis.
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL .......................................................................................... HALAMAN IDENTITAS
GURU ……………………………………………... LEMBAR PENGESAHAN ................................................................................... KATA PENGANTAR ........................................................................................... DAFTAR ISI ......................................................................................................... BAB I A. Pendahuluan ............................................................................................... B. Nama Kegiatan .......................................................................................... C. Waktu Pelaksanaan Kegiatan
.................................................................... D. Tempat Pelaksanaan Kegiatan
................................................................... E. Penyelenggara Kegiatan
............................................................................ F. Surat Tugas ……………………………………………………………… G. Foto kopi Sertifikat ……………………………………………………… BAB II A. Tujuan dan Alasan Mengikuti Kegiatan kolektif MGMP ........................ B. Deskripsi Materi ........................................................................................ C. Tindak Lanjut ............................................................................................ D. Dampak terhadap Peningkatan Kopetensi Guru
........................................ E. Penutup
..................................................................................................... BAB III 1.
Matrik “Pengembangan Diri dalam Kegiatan
Kolektif Kelompok Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri” ............................................ 2.
Lampiran-Lampiran ................................................................................... a)
Jadwal Pertemuan Kegiatan MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri b)
Undangan Kegiatan MGMP IPA MTs
Kab. Kediri c)
Notulen Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri d)
Daftar Hadir Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri e)
Foto - Foto Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri |
i ii iii iv v
|
BAB I
BAGIAN AWAL
A. Nama Kegiatan
Adapun nama kegiatan ini adalah “ Pengembangan Diri dalam
Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja Guru (MGMP) IPA
MTs Kabupaten Kediri “.
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran yang
dilaksakan secara rutin diadakan 6 x
Pertemuan dalam waktu 1 tahun.
B. Waktu dan Lama Kegiatan
Kegiatan kolektif kelompok kerja guru / MGMP IPA MTs
Kab.Kediri ini dilaksanakan 6 x pertemuan dalam kurun waktu 1 tahun dengan rincian sebagai berikut:
1. Pertemuan I : Sabtu, tanggal 15 Januari 2022 , pukul 08.00 – 13.00 WIB.
2. Pertemuan II
: Sabtu, tanggal 5 Februari 2022, pukul 08.00 – 13.00 WIB.
3. Pertemuan III : Sabtu, tanggal 5 Maret 2022,
pukul 08.00 – 13.00 WIB
4. Pertemuan IV : Sabtu, tanggal 6 Agustus 2022, pukul 08.00 – 13.00 WIB
5. Pertemuan V : Sabtu, tanggal 3 September 2022, pukul 08.00 – 13.00 WIB
6. Pertemuan VI : Sabtu, tanggal 1 Oktober 2022, pukul 08.00 – 13.00 WIB
C. Tempat Kegiatan
Kegiatan Kolektif
Kelompok Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kabupaten
Kediri ini dilaksanakan
di 6 tempat sebagai
berikut :
a)
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 kediri (
MTs N 1 kediri )
b)
Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 kediri (
MTs N 5 Kediri )
c)
Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 kediri ( MTs N 3 Kediri )
d)
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 kediri ( MTs N 2 Kediri )
e)
Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 kediri ( MTs N 4 Kediri )
f)
Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 kediri (
MTs N 8 Kediri )
D. Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri “Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja Guru
/ MGMP IPA MTs Kab. Kediri” ini diselenggarakan oleh Organisasi Keprofesian MGMP IPA
MTs Kabupaten Kediri.
E. Surat Tugas Kepala MTs ( Terlampir )
F. Sertifikat Kegiatan Kolektif Kelompok
Kerja Guru / MGMP IPA Mts Kab. Kediri ( Terlampir)
Lampiran Surat Tugas ( Januari – Desember )
Sertifikat
BAB II
BAGIAN ISI
A.
Tujuan dan
Alasan Megikuti Kegiatan Kolektif Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri
Berdasarkan paparan diatas, Kegiatan Kolektif
Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri penulis ikuti dengan tujuan :
1.
Mendapatkan
pengetahuan dan ketrampilan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik
kepada peserta didik
2.
Meningkatkan kompetensi Pedagogig, pengetahuan,
keahlian, ketrampilan dalam proses pembelajaran dan sikap mental Guru untuk
dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standart kompetensi
sebagai seorang guru yang profesional.
3.
Wadah belajar menjadi pemateri / narasumber / berbagi dan sharing ilmu pengetahuan baru (
uptodate )
4.
Mengumpulkan
angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat atau jabatan setingkat
lebih tinggi.
B. Uraian Materi
1)
Integrasi Al-Qur’an
Dan Sains Pada Proses Penciptaan Dan Reproduksi Manusia
2)
Pengembangan dan Penyusunan Perangkat dan Bahan Ajar
3)
Kaidah Penulisan soal
4)
Penulisan Karya Ilmiah Remaja
5)
Menyunting Kajian Teori dan daftar Pustaka dari jurnal
6)
Penyusunan Proposal KIR
7)
Implementasi
Kurikulum Merdeka dan penyusunan Modul Ajar (RPP)
8)
Karya Tulis Best
Practice
9)
Sosialisasi AKMI dan
tindak Lanjut Hasil AKMI
10)
Kaidah Penulisan Soal AKMI
Semua uraian materi terdapat dalam
notulen (terlampir)
C. Tindak Lanjut
Tindak lanjut
yang
dilakukan
setelah
kegiatan
kolektif
Kegiatan kelompok kerja guru / musyawaroh guru mata pelajaran IPA MTs Kabupaten
Kediri ini adalah peserta
mampu mengaplikasikan hasil kegiatan kepada peserta didik untuk pembelajaran
dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
D. Dampak terhadap Peningkatan Kopetensi Guru
Dampak yang dapat penulis peroleh dari setelah kegiatan kolektif Kegiatan kelompok kerja guru / musyawaroh guru mata pelajaran IPA MTs Kabupaten Kediri ini antara lain :
a.
Penulis dapat meningkatkan kompetensi dalam pengetahuan dalam
penulisan soal, dan penyusunanproposal karya ilmiah remaja.
b.
Penulis mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menyunting kajian teori
dan daftar Pustaka dalam pembimbingan kegiaran KIR siswa dan siswi madrasah.
c.
Penulis dapat Menyusun modul ajar
dalam implementasi kurikulum merdeka
d.
Penulis mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menulis karya tulis best
practice yang baik dan benar
e.
Penulis dapat mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta
didik sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman
E.
Penutup
1.
Kesimpulan
Dengan adanya “ Pengembangan Diri Kegiatan
Kolektif Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri“ Penulis dapat menambah pengetahuan untuk
dikembangkan demi adanya
peningkatan kualitas pendidik sebagai agen perubahan.
2.
Saran
Diharapkan para peserta (para guru)
menjadikan “ Pengembangan Diri dalam Kegiatan Kolektif Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri “
ini sebagai wadah silaturrahim dan wadah
berbagi atau sharing pengetahuan sebagai salah satu bekal bagi guru untuk lebih
mahir atau terampil dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.
BAB IV
BAGIAN AKHIR
Matrik Pengembangan
Diri dalam Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja Guru / MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri
JENIS
KEGIATAN |
TEMPAT
KEGIATAN
|
URAIAN
MATERI KEGIATAN MGMP IPA |
PENYELENGGARA |
DAMPAK
|
Kegiatan Rutin MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri yang
dilakukan 6 x pertemuan dalam satu tahun |
a) MTs N 1
kediri b) MTs N 5 Kediri c) MTs N 3
Kediri d) MTs N 2 Kediri e) MTs N 4
Kediri f) MTs N 8 Kediri
|
1. Integrasi
Al-Qur’an Dan Sains Pada Proses Penciptaan Dan Reproduksi Manusia 2. Pengembangan dan Penyusunan Perangkat dan Bahan Ajar 3. Kaidah Penulisan soal 4. Penulisan Karya Ilmiah Remaja 5. Menyunting Kajian Teori dan daftar Pustaka dari jurnal 6. Penyusunan Proposal KIR 7. Implementasi
Kurikulum Merdeka dan penyusunan Modul Ajar (RPP) 8. Karya Tulis Best
Practice 9. Sosialisasi AKMI
dan tindak Lanjut Hasil AKMI 10. Kaidah Penulisan Soal AKMI |
MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri |
a.
Penulis dapat meningkatkan kompetensi dalam pengetahuan dalam
penulisan soal, dan penyusunanproposal karya ilmiah remaja. b.
Penulis mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menyunting kajian teori
dan daftar Pustaka dalam pembimbingan kegiaran KIR siswa dan siswi madrasah. c.
Penulis dapat Menyusun modul ajar dalam implementasi kurikulum merdeka d.
Penulis mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menulis karya tulis
best practice yang baik dan benar e.
Penulis dapat mentransfer ilmu pengetahuan pada
peserta didik sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman |
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Jadwal Kegiatan MGMP IPA MTs Kabupaten Kediri Tahun 2022
2.
Hasil Kegiatan ke-1 (Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/Daftar
peserta dan Dokumentasi Kegiatan )
3.
Hasil Kegiatan ke-2
( Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/Daftar peserta dan Dokumentasi Kegiatan )
4.
Hasil Kegiatan ke-3
( Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/ daftar peserta dan Dokumentasi
Kegiatan)
5.
Hasil Kegiatan ke-4 ( Notulen, Uraian
Materi, Daftar Hadir/ daftar peserta dan Dokumentasi Kegiatan
6.
Hasil Kegiatan ke-5 ( Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/ daftar peserta
dan Dokumentasi Kegiatan
7.
Hasil Kegiatan ke-36 ( Notulen, Uraian Materi, Daftar Hadir/ daftar peserta
dan Dokumentasi Kegiatan )
Jadwal Kegiatan Kolektif Kelompok Kerja
Guru / MGMP IPA MTs Kab. Kediri
Tahun 2022
Semester |
Hari |
Tanggal Kegiatan |
Pembawa Acara |
Pemateri |
Tempat Kegiatan
|
Genap |
Sabtu |
15 Januari 2022 |
MTsN
2 Kediri |
MTsN
5 Kediri |
MTsN
1 Kediri |
5 Februari 2022 |
MTsN
8 Kediri |
MTsN
1 Kediri |
MTsN
5 Kediri |
||
5 Maret 2022 |
MTsN
3 Kediri |
MTsN
4 Kediri |
MTsN
3 Kediri |
||
Gasal
|
Sabtu |
6 Agustus 2022 |
MTsN
6 Kediri |
MTsN
9 Kediri |
MTsN
2 Kediri |
3 September 2022 |
MTsN
1 Kediri |
MTsN
8 Kediri |
MTsN
4 Kediri |
||
1 Oktober 2022 |
MTsN
4 Kediri |
MTsN
7 Kediri |
MTsN
8 Kediri |
NOTULEN
MGMP IPA MTs KABUPATEN KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Tanggal , 15 Januari 2022
No |
Uraian Kegiatan |
Pengisi Kegiatan |
1 |
Pembukaan
dan Pembacaan Susunan Acara MGMP IPA Kab. Kediri |
Pembawa
acara Irma
Astuti |
2 |
Sambutan
oleh Ketua MGMP IPA MTs Kab. Kediri |
Muawanah, S.Pd. |
3 |
Pelaporan Keuangan oleh Bendahara MGMP IPA
MTs Kab. Kediri |
Anny Djaoharoh, S.Pd |
4 |
Pengisian
Materi MGMP IPA Kab.Kediri Dengan Topik “ Integrasi al-Qur’an dan
Sains pada Proses Penciptaan dan Reproduksi Manusia“ |
Indah
Muftihatur Rahmah , S.Si. |
5 |
Rencana
Kegiatan Kedepan Hasil Musyawarah : · Pertemuan
MGMP ke-2 dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 5 Februari 2022 · Tempat
pertemuan ke-2 dilaksanakan di: MTsN
5 kediri · Pengisian
Pertemuan Ke-2 : 1) Pembawa
acara dari MTsN 8 Kediri 2) Pemateri
dari MTsN 1 kediri |
Seketaris
MGMP |
6 |
Penutup
/ Doa |
Misbachul
Munir, S.Si. |
MUAWANAH, S.Pd ISTIQOMAH,
S.Pd.
NIP. 198204152009012007 NIP.197508102006042010
URAIAN MATERI
INTEGRASI AL-QUR’AN
DAN SAINS PADA PROSES PENCIPTAAN DAN REPRODUKSI MANUSIA
Lampiran Foto
Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri
Kegiatan ke-1
Pembukaan oleh MC
Sambutan Ketua MGMP IPA MTs Kab.Kediri
Peserta menyimak materi yang disampaikan oleh Pemateri
Kegiatan tanya jawab peserta dengan pemateri

No
|
Uraian
Kegiatan |
Pengisi
Kegiatan |
1 |
Pembukaan dan Pembacaan Susunan Acara MGMP IPA Kab.
Kediri |
Pembawa acara Yaraful Maspiah, S.Pd. |
2 |
1)
Sambutan yang di kutip dari Ketua K3M : ·
Kegiatan MGMP
seharusnya diikuti oleh semua guru PNS dan Guru yg sudah sertifikasi ·
Sesuai aturan
tidak boleh ada dobel coonting ·
Di K3M ada
beberapa kegiatan yang harus di sinkronkan dengan kegiatan MGMP, meliputi : Koordinasi, Road
show ceris, KSM, Penilaian dok.KTSP, dan Workshop SKP & PK guru 2)
Sambutan yang di kutip dari Kasi Pendma : ·
Guru harus
memiliki perencanaan yg matang ·
Sosok pendidik
adalah bak seorang ibu yang kasih
sayangnya tak pernah menuntut balasan ·
Guru PNS dan
Guru bersertifikasi memiliki kewajiban dalam PKB ·
Kegiatan Study
Banding yang dilakukan oleh MGMP boleh dilakukan maksimal 1x tiap semester
atau 2x dalam 1 tahun. |
Ketua MGMP
IPA MTs |
3 |
Pengisian Materi MGMP IPA Kab.Kediri Dengan
Topik “ Penulisan Karya Ilmiah “ |
Muawanah, S.Pd. |
4 |
Pelaporan
Keuangan oleh Bendahara MGMP |
Anny
Djaoharoh, S.Pd |
5 |
Rencana Kegiatan Kedepan Hasil Musyawarah : ·
Pembuatan Blog
MGMP IPA MTs Kab.Kediri ·
Pengadaan
seragam MGMP ·
Pembuatan
handsanitaizer sebagai produk MGMP untuk pengembangan wirausaha |
Seketaris MGMP |
6 |
Penutup / Doa |
Trio Irfan Nanang
Saputra, S.Pd. |
MGMP IPA MTs KABUPATEN KEDIRI
Tanggal, 5 Februari 2022
Kediri , 5 Februari
2022
MUAWANAH, S.Pd
ISTIQOMAH, S.Pd.
NIP. 198204152009012007 NIP.19750810200604201
Uraian Materi Penulisan
Karya Ilmiah
Lampiran Foto
Kegiatan MGMP IPA MTs Kab. Kediri
Kegiatan ke-2
Pembukaan oleh MC
Sambutan Ketua MGMP IPA MTs Kab.Kediri
Peserta menyimak materi yang disampaikan oleh Pemateri
Kegiatan tanya jawab peserta dengan pemateri
Kegiatan penutup / Doa
NOTULEN
MGMP IPA MTs
KABUPATEN KEDIRI
Tanggal, 5 Maret
2022
No
|
Uraian
Kegiatan |
Pengisi
Kegiatan |
1 |
Pembukaan
dan Pembacaan Susunan Acara MGMP IPA Kab. Kediri |
Pembawa
acara Elzza
Armellariea, S.Si.,S.Pd. |
2 |
Sambutan
oleh Kepala MTsN 3 Kediri 1)
Kegiatan
MGMP adalah wadah untuk menggali dan memadukan ilmu pengetahuan 2)
Pergunakan
Forum MGMP ini sebaik mungkin sehingga dapat meningkatkan kualitas dalam
berkarya . 3)
Apa
yang diperoleh dari forum ini supaya dapat di bawa dan diaplikasikan di
madrasah masing-masing 4)
Semoga
kegiatan MGMP ini benar-benar membawa manfaat 5)
Manfaatkan
dan pergunakan waktu dengan tepat |
Siti
Aliyah, S.Pd.,M.Pd.I |
3 |
Sambutan
oleh Ketua MGMP IPA MTs Kab.Kediri 1) Forum MGMP IPA MTs Kab. Kediri digunakan
sebagai wadah sharing materi terkait dengan pembelajaran IPA seperti pendalaman
materi IPA, media pembelajaran IPA. 2) Kegiatan pertemuan ketiga di MTsN 3
Kediri digunakan untuk sharing tentang materi Best Practice dan Kisi-Kisi dan
Penyusunan Soal Ujian Madrasah Tahun 2021/2022. 3) Kegiatan MGMP IPA dilaksanakan dengan
saling berbagi pengalaman mengajar maupun membina ekstra kurikuler serta
pengalaman membina Kompetisi. 4) Harapan ke depan melalui MGMP IPA dapat
meningkatkan kompetensi profesioanl guru dan
meningkatkan kualitas pembelajaraan IPA di madrasah masing-masing yang
juga berdampak pada peningkatan prestasi siswa dan kemajuan madrasah. |
Muawanah, S.Pd. |
4 |
Pelaporan Keuangan oleh Bendahara MGMP IPA
MTs Kab. Kediri |
Anny Djaoharoh, S.Pd |
5 |
Pengisian
Materi MGMP IPA Kab.Kediri Dengan Topik : 1)
Teknik
Menulis Best Practice bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan 2)
Penyampaian
penulis soal AKMI 3)
Penyusunan
Kisi-Kisi dan Soal UM |
Dina
Agustiyaningsih, S.Pd. Heni
hidajatiningtyas, M.Si. Pengurus
MGMP IPA MTs |
6 |
Rencana
Kegiatan Kedepan Hasil Musyawarah : 1) Mengundang Nara Sumber tentang pembinaan KIR di
madrasah 2) Pertemuan rutin dilaksanakan tepat waktu sesuai jadwal |
Seketaris
MGMP IPA Kab. Kediri ( Istiqomah, S.Pd.) |
7 |
Penutup
/ Doa |
Dzikrul
Khakim, S.Si. |
MUAWANAH, S.Pd ISTIQOMAH,
S.Pd.
NIP. 198204152009012007 NIP.197508102006042010
URAIAN MATERI
Teknik Menulis Best
Practice bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
DAFTAR HADIR PESERTA
MGMP IPA MTs KAB. KEDIRI
NOTULEN
MGMP IPA MTs
KABUPATEN KEDIRI
TAHUN PELAJARAN
2022-2023
No |
Uraian Kegiatan |
Pengisi Kegiatan |
1 |
Pembukaan dan
Pembacaan Susunan Acara MGMP IPA Kab. Kediri |
Pembawa acara Rasinah, S.Pd. |
2 |
Sambutan : a)
Harapan kedepan, forum ini di jadikan sebagai forum
berbagi ilmu. b)
Bagi bapak ibu yang telah
mendapatkan materi kurmer hendaknya
saling melengkapi. |
Ketua
|
3 |
Evaluasi dan usulan : 1)
Study banding supaya
direalisasikan 2)
Materi dari bapak Nanang belum
bisa di share menunggu di edit (Perbaikan
) 3)
Mendatangkan Narasumber untuk
penulisan Best Practise 4)
Kita praktek membuat perangkat
Kurmer ( Modul ajar ) 5)
Evaluasi bahwa dalam 1 wadah ini
masih hanya sekedar teori, harapan kita saling berbagi ilmu baik pengetahuan Maksudnya a)
Harapan kita berbagi b)
Yang punya ilmu supaya berbagilah
di share lalu di kupas tuntas di forum. 6)
Perlu adanya narasumber untuk
penyusunan modul ajar Kurmer. |
Semua Anggota |
4 |
Pelaporan Keuangan oleh Bendahara MGMP |
Bendahara |
5 |
Penyusunan Program: 1)
Study banding dilaksanakan di UIN Malang Tujuannya Lab.Biologi , lab.Fisika dan Lab. Kimia. Ø Untu
Biologi :materi respirasi tumbuhan dan hewan . Ø Untuk
fisika materinya gerak (GLB-GLBB) dan Optik, kelistrikan dan kemagnetan. Ø Untuk
materi kimia pemisahan campuran Waktu
pelaksanaan : Sabtu, 3 September 2022
atau dihari sabtu berikutnya 2)
Pertemuan berikutnya: hari sabtu
, 1 Oktober 2022 mendatangkan narasumber tentang Myres dan Best Practise |
Pengurus bersama
Anggota |
6 |
Penutup / Doa |
Misbahul Munir |
Kediri , 6 Agustus 2022
MUAWANAH, S.Pd ISTIQOMAH, S.Pd.
NIP. 198204152009012007 NIP.19750810200604201
Sabtu, 6 Agustus
2022
NOTULEN
MGMP IPA MTs
KABUPATEN KEDIRI
No
|
Uraian
Kegiatan |
Pengisi
Kegiatan |
1 |
Pembukaan dan Pembacaan Susunan Acara
MGMP IPA Kab. Kediri |
Pembawa acara |
2 |
Sambutan Harapannya
bahwa MGMP ini supaya dapat dijadikan sebagai wadah untuk terus mengembangkan
diri dan berkarya serta jadikan MGMP ini sarana dalam menggali dan
meng-Update ilmu pengetahuan |
Kepala MTsN 4 Kediri |
3 |
Sambutan : a) Bahwa Kegiatan ini ( untuk menghadirkan Narasumber ) sudah
direncanakan demi meningkatkan kompetensi anggota MGMP IPA dalam menyusun
Best Practice b) Dengan hadirnya Narasumber di
tengah-tengah kita, harapannya kita mendapatkan ilmu tentang menyusun Best
Practice , dan juga dapat menerapkannya sesuai dengan pengalaman di tempat
kerja masing-masing . |
Ketua
MGMP IPA |
4 |
Penyampaian Materi
Menyusun Karya Tulis Best Practice 1) Perkenalan, Tukar pengalaman 2) Penyampaian Materi ( Terlampir) |
Narasumber Nanang setiawan, S.Pd |
5 |
Pelaporan Keuangan oleh Bendahara MGMP |
Bendahara |
6 |
Penutup / Doa |
Dzikrul Khakim, S.Si. |
MUAWANAH, S.Pd
ISTIQOMAH, S.Pd.
NIP. 198204152009012007 NIP.19750810200604201
DOKUMENTASI
KEGIATAN
Lampirn Materi: Menulis
Karya Tulis Best Practice
Oleh : Bapak Nanang
Setiawan, S.Pd.
1)
Kata Mutiara
Pengalaman Adalah Guru
terbaik, Maka Carilah Pengalaman Terbaik Untuk Mewujudkan Mimpi Mu
2)
Mengapa Harus Menulis Best Practice
Ada 3 alasan mengapa seorang guru harus menulis best
practice , yaitu :
Ø Tuntutan Profesi seorang guru dalam
mengemban tugas dan karirnya
Ø Menulis best practice Lebih Mudah dibandingkan
karya ilmiah lainnya, karena best practice didasarkan pada pengalaman selama
melaksanakan tugas yang diberikan
Ø Bahwasanya pengalaman yang kita tulis
harapannya akan dapat Memberi Inspirasi
bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya
3)
Pengertian Best Practice
Salah satu bentuk dari publikasi ilmiah yang
dilakukan oleh seorang guru berdasarkan pengalaman keberhasilan terbaiknya seseorang / kelompok dalam melaksanakan tugas
profesinya termasuk dalam mengatasi berbagai masasalah dalam lingkungan
tertentu.
Dengan kata
lain Best Practice bukanlah sebuah penelitian namun hasil pengalaman terbaik
yang dialami oleh seorang guru.
4)
Teknik Menulis Pengalaman ( Best Practice )
a- Pilah dan pilih pengalaman apa yang akan
ditulis
b- Menyusun Urutan Peristiwa dalan Bentuk
Kerangka Karangan
c- Menentukan judul dari Kerangka yang
ada
d- Mengembangkan Kerangka Menjadi
Alinea-alinea
e- Uarikan secara rinci dan runtut hal-hal yang sifatnya penting
5)
Sistematiak Penulisan Best Practice
a-
Bagian awal
Ø Halaman Judul
Ø Lembar Pengesahan
Ø Biografi Penulis
Ø Kata Pengantar
Ø Daftar Isi
Ø Daftar tabel / Daftar Gambar
Ø Daftar lampiran
b-
Bagian Isi
Versi 1 |
Versi 2 |
Versi
3 |
Bab I. Pendahuluan ·
Latar belakang ·
Jenis kegiatan ·
Manfaat |
Bab I. Pendahuluan ·
Latar belakang ·
Jenis kegiatan ·
Manfaat |
Bab I. Pendahuluan ·
Latar belakang ·
Rumusan masalah ·
Tujuan kegiatan ·
Manfaat |
BAB II Tinjauan Pustaka ·
Teori a ·
Teori b dst |
BAB II Pelaksanaan
Kegiatan ·
Sasaran ·
Bahan dan materi kgit ·
Metode pelaksanaan ·
Instrument pelaksnaan ·
Waktu dan tempat |
BAB II Pelaksanaan
Kegiatan ·
Sasaran ·
Bahan dan materi kgit ·
Metode pelaksanaan ·
Instrument pelaksnaan ·
Waktu dan tempat |
BAB III Pelaksanaan
Kegiatan ·
Sasaran ·
Bahan dan materi kgit ·
Metode pelaksanaan ·
Instrumnt pelaksnaan ·
Waktu dan tempat |
BAB III Hasil Kegiatan ·
Hasil ·
Masalah yg dihadapi ·
Cara mengatasi |
BAB III Hasil Kegiatan ·
Hasil ·
Masalah yg dihadapi ·
Cara mengatasi |
BAB IV Hasil Kegiatan ·
Hasil ·
Masalah yg dihadapi ·
Cara mengatasi |
BAB IV Penutup ·
Kesimpulan ·
Saran |
BAB IV Penutup ·
Kesimpulan ·
Saran |
BAB IV Penutup ·
Kesimpulan ·
Saran |
Daftar Pustaka |
Daftar Pustaka |
Daftar pustaka |
|
|
c-
Bagian Penunjang
LAMPIRAN-LAMPIRAN
-
Foto Kegiatan -Instrumen evalusi
-
RPP -
Bukti-bukti lain
6)
Perbedaan PTK dengan Best Practice
7)
Tips
Menulis Best Practice
a) Pahami Sistematika Penulisan Best Practice
b) Rencanakan Ide dan Konsep
c) Buat Kerangka Tulisan
d) Siapkan Bukti Penunjang
e) Tentukan Dead Line
f) Mulailah dari sekarang
NOTULEN
MGMP IPA MTs KABUPATEN KEDIRI TAHUN
No |
Uraian Kegiatan |
Pengisi Kegiatan |
1 |
Pembukaan dan PemSusunan Acara
MGMP IPA Kab.Kediri |
Pembawa acara |
2 |
Sambutan 1) Memberikan motivasi kepada semua anggota
MGMP untuk lebih aktif dalam
kegiatan pengembangan diri seperti menjadi
instruktur, fasilitator, mengikuti lomba guru berprestasi dan kegiatan-kegiatan yang lain. |
Kepala MTsN
7 Kediri |
3 |
Sambutan : 1) Ucapan selamat Kepala MTsN 7 Kediri
yang sebelumnya adalah guru IPA
MTsN 6 Kediri sekaligus peraih juara 1 Anugerah
Guru Berprestasi Tahun 2021 dan harapannya
agar bisa dapat mengisnpirasi anggota MGMP untuk meraih prestasi dan terus berkarya. 2) Harapan bagi semua anggota MGMP IPA
agar tetap semangat untuk saling
berbagi dan menjadikan forum MGMP IPA sebagai wadah
untuk terus mengembangkan diri, meningkatkan komptensi. |
Ketua MGMP IPA |
4 |
Penyampaian Materi
AKMI 1) Penyampaian Materi ( Terlampir) |
Narasumber Daniel Prayitno, S.Pd |
5. |
Diskusi dan Tanya Jawab 1)
Sharing
pengalaman madrasah piloting project AKMI MTs 2)
Tindak Lanjut
AKMI |
|
5 |
Perencanaan program
MGMP |
Pengurus MGMP |
6 |
Penutup / Doa |
|
Kediri , 5 Oktober 2022
MUAWANAH, S.Pd ISTIQOMAH, S.Pd.
NIP. 198204152009012007 NIP.19750810200604201
DOKUMENTASI KEGIATAN
Sabtu, 15 Oktober 2022
Lampiran Materi: ANBK DAN AKMI
Oleh : Bapak Daniel Prayitno,
S.Si.
1) Pelaksanaan ANBK DAN
AKMI
a. ANBK dilaksanakan pada semua jenjang dan diwakili oleh
45 siswa dari setiap sekolah. Peserta
didik mengerjakan asesmen literasi membaca, lieterasi numerasi, survei
karakter serta survei
lingkungan belajar.
b. AKMI sudah dilaksanakan pada jenjang MI, sementara
pada tahun ini pada jenjang MTs dan MA hanya dilaksanakan pada madrasah
yang ditunjuk sebagai piloting project.
Peserta didik mengerjakan asesmen literasi numerasi, liteasi sains, literasi sosial budaya.
2)
Tujuan dan
Fungsi AKMI
AKMI
bertujuan untuk pemetaan mutu Pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didika madrasah pada literasi membaca,
literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.
AKMI berfungsi sebagai:
a. Bahan pemetaan mutu Pendidikan madrasah
b. Bahan referensi akademik dalam mendignosa dan tindak
lanjut perbaikan proses pembelajaran.
c.
Sebagai
bahan dalam Menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah.
3) Sasaran AKMI
Yang
menjadi sasaran AKMI adalah siswa kelas 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah), siswa kelas 8 MTs
(Madrasah Tsanawiyah) dan siswa kelas 11 MA (Madrasah Aliyah) / MAK (Madrasah
Aliyah Kejuruan).
4) Bentuk Soal dan Komponen AKMI
a. Bentuk soal AKMI terdiri dari bentuk soal objektif meliputi
1) Pilihan Ganda,
2) Pilihan Ganda Kompleks,
3) Menjodohkan,, dan
4) Isian Singkat).
5)
Komponen AKMI terdiri atas konten, proses kognitif,dan konteks denga
rincian sebagai berikut.
5) Jadwal AKMI
Komentar
Posting Komentar